"Menginspirasi anda semua"

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 29 November 2015

INFO PENTING !!! CARA MENDAPATKAN NUPTK BARU MULAI TAHUN 2016 (Guru di Naungan Dinas Pendidikan)

INFO PENTING !!! CARA MENDAPATKAN NUPTK BARU MULAI TAHUN 2016
 
Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat siang rekan guru semuanya, salam sejahtera, semoga bermanfaat untuk para pembacanya. NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan.

NUPTK diberikan kepada seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengna pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

Mendapatkan sebuah nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) merupakan hal yang cukup penting bagi seorang guru (SD/SMP/SMA/SMK) Negeri/ Swasta baik PNS maupun Honorer /Non PNS dan tenaga kependidikan lainnya. Pasalnya, dengan adanya NUPTK tersebut para guru dan tenaga kependidikan (GTK) bisa mendapatkan beberapa manfaat di antaranya :

Berpartisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik;
Mendapatkan nomor identifikasi resmi dan bersifat resmi dan bersifat nasional dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat/daerah.

Nah, Bersama ini kami informasikan mengenai Cara Mendapatkan/ mengajukan NUPTK melalui dapodik PDSP. Bagi anda yang belum memiliki NUPTK saat ini, tenang karena sistem pengajuan tidak melalui Padamu Negeri yang sudah ditutup melainkan melalui PDSP. Hal ini saya temukan di jejaring media sosial salah satu akun facebook Admin PDSP yang memberikan petunjuk, Bagaimana cara mendapatkan NUPTK Baru melalui Dapodik dari PDSP?
                                       
Melalui cara pengusulan NUPTK terbaru ini diharapkan, Anda tidak usah terlalu ribet dengan proses pengusulan yang ada di Padamu Negeri yang harus mengumpulkan ini itu, sehingga dipastikan anda tidak fokus untuk mengusulkan saat menggunakan Padamu Negeri. Pangusulan NUPTK menggunakan Dapodik makin mudah, selain data sudah ada juga dijamin lengkap.
Admin Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP), Reno Kurniady, mengatakan "secara tertulis PDSP mengambil kebijakan untuk cetak NUPTK tahun 2015 ini. Lewat Aplikasi Dapodik, NUPTK akan didapatkan oleh PTK yang memang sudah berhak untuk mendapatkannya dihitung dari data yang diambil dari Aplikasi tersebut. Karena di Kementrian khususnya PDSP telah mempunyai salinan data yang telah masuk ke dalam server pusat." Katanya.

Tambahnya, Apabila seorang Guru maupun Tenaga Kependidikan telah memenuhi syarat, maka akan mendapatkan NUPTK.

"Jika seorang PTK telah memenuhi syarat untuk mendapatkan NUPTK, maka mereka pasti akan mendapatkannya pada saat proses fitur edit PTK Verval PTK (Baca Panduan Verval PTK) belum stabil masih dalam tahap integrasi data" tambahnya.

Bagi anda yang merasa belum memiliki NUPTK anda wajib melihat ketentuan proses penerbitan data yang diambil oleh PDSP melalui Aplikasi Dapodikdas agar anda tertib melakukan proses syncronisasi sesuai data masing-masing PTK untuk penerbitan NUPTk sebagai berikut:

1.   Riwayat Mengajar PTK/GTK;
2.   Nomor SK PERTAMA;
3.   Tanggal SK;
4.   Keaktifan SK;

Demikian Pengajuan NUPTK Melalui Dapodik 2015-2016 Server PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan). Semoga bermanfaat. Sumber : http://qizz234.blogspot.co.id

Jaket Muslimah (Hitam)


makin cantik dengan jaket muslimah yang satu ini, penampilan mu ciri khas dirimu.......... di tunggu kabar baik dari anda, tersedia ukuran M, L dan XL

CS: 087772838640

Akupressur sederhana



Cara Jitu Untuk Menyembuhkan Beberapa Penyakit Hanya Dengan "Jari"!

Ibu jari terhubung dengan hati, paru – paru. Ketika kamu mengalami palpitate, atau sesak nafas, dll, gosoklah ibu jarimu dan tariklah menjurus keluar.
Paru – paru yang lemah mudah mempengaruhi fungsi limpa dan lambung, jadi bagi yang punya masalah lambung, cobalah cara ini.

Sembelit-->gosok telunjuk.
Jari telunjuk berhubungan dengan usus besar dan lambung, jadi bagi yang sembelit dan diare, kamu tahu harus gosok jarimu yang mana.

Mabuk perjalanan dan insomnia-->gosok jari tengah
Bagi kamu yang mudah mabuk pada saat perjalanan, kamu boleh mencoba mengosok jari tengahmu ketika naik mobil. Selain itu, untuk kamu yang memiliki kualitas tidur yang buruk, ini juga karena masalah selaput jantung, juga boleh silahkan mencoba cara ini.

Migran dan Nyeri Leher--> Gosoklah Jari Manis
Untuk kamu yang sering migran dan nyeri otot pada leher, mungkin itu disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar, cobalah gosok jari manismu.

Rontok-->Gosok Kelingking
Sering rontok atau pencernaan yang tidak lancar, cobalah menggosok jari kelingkingmu.

Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh-->Tepuklah Telapak Tangan
Telapak tangan kita terhubung dengan banyak syaraf, karena itu, untuk menjaga kesehatan jasmani kita, tepuklah telapak tangan kita.

Sakit Pinggang-->Tepuk Punggung Tangan
Akupuntur China mengeluarkan sebuah teori, mereka menganggap bagian kaki dan tangan adalah bagian zona yang terhubung dengan tubuh orang – orang, begitu juga dengan punggung tangan yang terhubung dengan bagian pinggang. Jadi bagi yang sakit pinggang, tepuk – tepuklah punggung tangan. Caranya adalah tangan yang satu menepuk tangan yang lainnya secara bergantian.
Gimana? Pengen coba 'kan? Silahkan dicoba ya teman dan jangan lupa di share!


Sumber: Facebook

PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENIS-JENIS PASAR

Image result for gambar ekonomi
Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan pasar di lingkungan masyarakat mempunyai peranan yang sangat penting. Kebutuhan yang tidak bisa kita ciptakan sendiri, bisa kita peroleh melalui adanya pasar. Jadi, apakah pengertian pasar? Apa saja fungsi pasar bagi kehidupan manusia? Apa saja jenis-jenis pasar yang ada? Mari kita cermati penjelasan berikut ini.

A. PENGERTIAN PASAR

Image result for gambar ekonomi
       Menurut William J. Stanton pasar adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
      Pasar dalam arti yang sempit adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk transaksi jual dan beli. Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan yang namanya transaksi. Transaksi itu sendiri adalah kesepakatan dalam jual-beli.
Syarat terjadinya transaksi adalah :
- adanya barang yang akan diperjual belikan
- adanya pedagang
- adanya pembeli

B. FUNGSI PASAR
1. Pembentukan harga
Pasar berfungsi untuk pembentukan harga karena di pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian mereka akan saling tawar menawar harga dan pada akhirnya membuat kesepakatan harga.
 
2. Pendistribusian barang atau jasa
Pasar mempermudah para produsen untuk mendistribusikan barang mereka secara langsung kepada konsumen.
 
3. Promosi
Pasar adalah tempat yang paling cocok untuk mempromosikan produk-produk produsen kepada konsumen. Contohnya antara lain :
- memasang spanduk di tempat-tempat yang bisa dilihat oleh masyarakat
- membagikan brosur ke konsumen atau pedagang lain
- membagikan sampel gratis ke konsumen

C. JENIS-JENIS PASAR

Image result for jenis-jenis pasar 

 Jenis-jenis pasar dibedakan menurut:
 
1. Bentuk kegiatannya
Berdasarkan bentuk kegiatannya, pasar dapat dibedakan menjadi:
a. Pasar nyata
Pasar nyata adalah pasar yang barang-barangnya dapat dibeli dan dilihat langsung oleh pembeli. Contoh : pasar tradisional, pasar swalayan.
 
b. Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar di mana para pedagangnya tidak menawarkan barangnya secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat atau foto. Contohnya : pasar online, pasar saham, pasar modal, pasar valuta asing.

2. Cara transaksinya
Berdasarkan transaksi yang terjadi, pasar dapat dibedakan menjadi:
 
a. Pasar tradisional, mempunyai ciri-ciri :
- Tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung.
- Adanya proses tawar-menawar.
- Bangunan yang dipakai biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai.
- Menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain.
- Umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli.
Contoh pasar tradisional antara lain adalah: pasar Beringharjo di Yogyakarta dan pasar Klewer di Solo.
 
b. Pasar modern
Ciri-ciri dari pasar modern adalah :
- Barang-barang sudah diberi label harga (barcode) untuk memudahkan pembeli.
- Tidak ada tawar menawar.
- Pelayanan yang dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga
Contohnya : hypermart, pasar swalayan, minimarket.

3. Menurut jenis barang
Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang, misalnya
- pasar hewan, hanya menjual hewan saja.
- pasar ikan, hanya menjual ikan.
- pasar loak, hanya menjual barang-barang bekas saja.

4. Menurut luas wilayah distribusi
a. Pasar lokal
Pasar lokal adalah. yaitu pasar yang memperjualbelikan barang kebutuhan konsumen yang bertempat tinggal di sekitar pasar, dan barang yang diperjualbelikannya biasanya hasil budidaya masyarakat sekitar.
 
b. Pasar daerah
Pasar daerah adalah pasar dengan cakupan wilayah lebih besar dari pasar lokal. Pasar ini lebih besar dari pasar lokal karena merupakan tempat jual beli konsumen satu daerah atau satu wilayah (kota, kabupaten, atau provinsi). Contohnya pasar Beringharjo di Yogyakarta dan pasar Klewer di Solo.
 
c. Pasar nasional
Pasar nasional adalah pasar dimana penjual dan pembelinya hanya menjual produk dalam satu negara saja.
 
d. Pasar internasional
Pasar internasional adalah pasar dimana lokasi penjual dan pembelinya ada di negara yang berbeda.

5. Pasar menurut bentuk atau strukturnya
a. Pasar persaingan sempurna
Ciri-cirinya adalah:
* Adanya penjual dan pembeli.
* Barang yang akan diperjualbelikan sejenis.
* Penjual dan pembeli punya informasi yang lengkap tentang pasar.
* Harga transaksi jual beli ditentukan oleh pasar.
* Semua produksi bebas masuk dan keluar pasar.
* Tidak ada peran Pemerintah untuk mengendalikan.
 
b. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang terdiri atas sedikitnya penjual tetapi pembelinya banyak. Di pasar ini penjual bisa menentukan harga barang.

5. Pasar menurut sifat pembentukan harga
a. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu. Pada pasar monopoli ciri-cirinya yaitu :
• Hanya ada satu pedagang
• Jenis barang yang diperjualbelikan hanya sejenis
• Pemerintah tidak ikut campur dalam masalah harga.
 
b. Pasar Persaingan
Pasar persaingan adalah pasar dimana penjualnya banyak dan barang yang dihasilkannya berbeda corak
 
c. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa pedagang, untuk suatu produk. Sehingga antara pedagang ini bisa memengaruhi harga. Pasar ini ciri-cirinya adalah :
• Karena pedagangnya hanya sedikit, maka ketika pedagang yang lain menentukan harga, akan mempengaruhi pedagang lain
• Barang-barang yang diperjualbelikan terstandar.
• Pedagang lain masih bisa masuk ke pasar tersebut.
• Peran iklan sangat mempengaruhi dalam penjualan produk perusahaan.
Contoh : pasar motor, pasar lemari es.

RANGKUMAN
1) Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli.
2) Pasar berfungsi sebagai tempat pembentukan harga, tempat promosi dan distribusi.
3) Ada beberapa jenis pasar yang dibedakan berdasarkan bentuk kegiatan, cara transaksinya, jenis produk yang dijual, luas distribusi, struktur organisasinya dan pembentukan harga.

Selamat datang Desember!!!!!!!

Image result for selamat datang desember     November akhirnya selesai.

Dan, ahhh,,,,,,,,, 
akhirnya bulan Desember. Bulan terakhir di tahun 2015. Itu berarti kita akan segera masuk ke tahun 2016.

Jika melihat ke belakang, masih banyak hal-hal jelek yang menempel di keseharian. Malas, adalah penyakit utamanya. Ditambah lagi masih juga sering bertengkar dengan diri sendiri. Tapi, Subhanallah yang saya syukuri, harapan sata mudah-mudahan di ijabah oleh Allah SWT di penghujung tahun ini.

Menyambut bulan Desember, yang juga berarti akan datang Mau.id Nabi 24 December 2015, saya berharap bisa mengakhiri tahun 2015 dengan ending yang baik. Apa pun itu hasilnya.

Sebagai permulaan bulan Desember, saya telah memutuskan untuk membuat blog baru (maunya sih website, tapi masih mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu) yang saya khususkan untuk menampung hasil karya saya. Tujuannya supaya tidak tercampur dengan tulisan sampah saya di sini. Tapi, bukan berarti blog pribadi ini akan saya tutup. Sama sekali nggak terpikir mengenai itu, kok.

mampir dong ke blog toko onlina saya di http://kerenbookstore.blogspot.co.id/ 


Di tunggu!!!!!!!!!!

Rabu, 25 November 2015

Beasiswa S1 - S2 Italia

Image result for gambar beasiswa      Anda yang berminat melanjutkan studi di Italia mungkin bisa mencoba penawaran beasiswa dari Bocconi University. Tiap tahun kampus yang berlokasi di Milan ini menawarkan beasiswa kuliah yang dapat diikuti pelamar-pelamar internasional, semisal Indonesia. Di periode ini programnya tersedia melalui 2016-17 Bocconi Scholarships for International Students. Beasiswa ini ditujukan bagi kandidat di luar Italia untuk memperoleh beasiswa S1 atau beasiswa S2 melalui skema tersebut.

Pelamar yang terpilih disediakan beasiswa berupa tanggungan biaya kuliah penuh (tuition fee) dengan nilai sekitar € 11.000 per tahun untuk program S1 dengan durasi maksimum 3 tahun atau 5 tahun untuk program hukum.

Sementara, beasiswa S2 diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang mengambil program gelar Master of Science (MSc) dengan nilai beasiswa € 12.000 per tahun. Beasiswa tersebut diperuntukkan untuk biaya kuliah penuh di Bocconi University. Pemberian beasiswa berlangsung hingga dua tahun berdasarkan pertimbangan capaian akademik dan kondisi keuangan dari calon. Perpanjangan beasiswa dilakukan setiap tahunnya. 
 
Persyaratan: 
1. Bukan warganegara Italia
2. Bukan penduduk tetap Italia
3. Bukan lulusan SLTA Italia yang diraih di Italia atau luar negeri  (pelamar S1)
4. Bukan lulusan S1 Italia yang diraih di Italia atau luar negeri (pelamar S2)
Pendaftaran:
Pertama, daftarkan diri Anda terlebih dahulu ke Bocconi University (www.unibocconi.eu) untuk memperoleh student ID dan password. Setelah terdaftar, pelamar kemudian bisa mengajukan beasiswa secara online dengan mengisi formulir aplikasi yang disediakan. 
Pendaftaran ke universitas dan pengajuan beasiswa ini harus dilakukan di periode pendaftaran yang sama.
  
Formulir aplikasi yang diisi akan meminta detil informasi terkait kondisi ekonomi keluarga pemohon. 
Periode pendaftaran beasiswa dan universitas (S1) 
Periode musim dingin: deadline aplikasi 20 Januari 2016
Periode musim semi: deadline aplikasi 19 April 2016 
Periode pendaftaran beasiswa dan universitas (S2) 
Periode 1: deadline aplikasi 11 Desember 2015
Periode 2: deadline aplikasi 26 Januari 2016 
Periode 3: deadline aplikasi 29 Februari 2016
Periode 4: deadline aplikasi 30 Maret 2016 
Periode 5: deadline aplikasi 03 Mei 2016 
Jika berhasil ditetapkan sebagai penerima beasiswa, dokumen di bawah akan diminta untuk dikirim ke email: financial.aid@unibocconi.it
 
Dokumen (discan): 
1. Ringkasan formulir (dilampirkan bersama email konfirmasi) yang diterima pelamar setelah mengisi formulir aplikasi online beasiswa Bocconi
 
2. Salinan paspor yang masih berlaku
 
3. Salinan Kartu keluarga (KK) 
 
4. Salinan pajak penghasilan keluarga untuk tahun kalender 2014
 
5. Keterangan penghasilan kotor tahunan untuk 2014 dari keluarga pemohon. Keterangan ini dikeluarkan oleh atasan atau majikan 
 
6. Jika salah satu atau lebih dari keluarga maupun anggota keluarga memiliki perusahaan atau saham hingga 31 Desember 2014, harus menyertakan bukti jumlah saham yang dimiliki serta neraca keuntungan dan kerugian. 
 
7. Jika salah satu atau lebih dari keluarga pemohon memiliki properti yang sedang dibangun hingga 31 Desember 2014, sertakan dokumen yang menunjukkan daerah bersangkutan serta property yang dibangun tersebut dalam meter persegi.  Dan jika ada, dokumen sertifikasi setiap kredit dari properti dan jumlah yang belum dilunasi hingga 31 Desember 2014. 
 
8. Jika keluarga pemohon tinggal di rumah kontrakan, sediakan salinan yang menunjukkan sewa kontrak 
 
9. Jika keluarga pemohon tinggal di rumah secara gratis, dan rumah tersebut tidak dimiliki, sediakan bukti yang menunjukkan nama lengkap dari pemilik rumah tersebut
 
10. Dokumen yang membuktikan kepemilikan aset bergerak hingga 31 Desember 2014 (rekening bank – deposito, tabungan, stok, dividen, kepemilikan saham, bagian dari aset bersih dari perusahaan yang dimiliki, dll) dari keluarga. 

Dokumen tersebut harus diajukan dalam bahasa aslinya dilengkapi terjemahan resmi dalam bahasa Italia atau Inggris. Dokumen terjemahan dalam bahasa Italia harus disahkan dan dicap oleh otoritas Italia di negara setempat. Atau dokumen disahkan dengan cap Apostille di negara yang telah menandatangani Konvensi Hague 5 Oktober 1961 untuk terjemahan Italia atau Inggris. 
Keterangan beasiswa lainnya dapat diajukan melalui email financial.aid@unibocconi.it atau telp: (+39) 02.5836.2152. Selamat mencoba!
 
 
 

Jumat, 20 November 2015

Info Bidik Misi 2016

 

Info Pendaftaran untuk Beasiswa special Bidik Misi tahun 2016 beberapa Pendaftaran melalui Beasiswa bernama Bidik Misi tahun 2016. Beasiswa Bidik Misi, Melalui pendaftaran dengan beberapa ketentuan Beasiswa Bidik Misi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi simak selengkapnya dibawah ini.
Untuk itu kita akan membahas mengenai Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi, ya jika kita melihat secara history bahwa perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan memang jadi prioritas saat ini mengingat ada sekitar 20 persen APBN di alokasikan untuk Beasiswa Bidik Misi dengan beberapa ketentuan persyaratan seperti Beasiswa Bidik Misi diperuntukan untuk mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik dan nonakademik.
Masalah biaya mungkin sebagain kecil orang yang kurang mampu tidak lagi harus dipikirkan sebab sudah ada solusi yang bisa dirakasakan seperti beasiswa yang diberikan pemerintah melalui DIKTI bahakan untuk jalur beasiswa Bidik Misi ini sangat amat diminati setiap tahun ada sekitar puluhan ribu pelajar yang ikut seleksi dalam Beasiswa Bidik Misi dengan tujuan belajar perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.
 
Untuk mendapatkan beasiswa bidik misi teman-teman harus menyiapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi melalui situs resmi bidik misi pelajara lulusan sekolah menengah atas dan kejuruan serta sederajat dapat ikut mendaftar dengan catatan sekolah tempat pelajar sudah didaftarkan oleh pihak sekolah beasiswa Bidik Misi.
Kalau boleh beri tanggapan urusan mendaftarkan sekolah bukan menjadi kewajiban anda selaku pelajar melainkan urusan sekolah, selain itu anda bisa mendaftar secara perorangan melalui situs, tidak sembarang orang yang bisa mendaftar harus memenuhi persyaratan seperti besaran penghasilan kedua orang tua dan pekerjaan orang tua jangan sampai yang menerima beasiswa Bidik Misi malah mereka yang tidak berhak.
Saat ini cukup tepat sebagian dari biaya pendidikan yang diberikan melalui Beasiswa Bidik Misi sudah tepat sasaran tetapi beberapa evaluasi menyebutkan masih ada banyak beasiswa Bidik Misi dibeberapa perguruan tinggi negeri yang tersebar diseluruh Indonesia, terlebih pada fakultas kedokteran, nah untuk lebih jelas persyaratan apa saja yang harus dipenuhi agar bisa mendaftar online Beasiswa Bidik Misi.
Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa persyaratan beasiswa Bidik Misi untuk persyaratan agar bisa melanjutkan pendaftaran jika anda tidak memenuhi beberapa persyaratan dipastikan anda tidak bisa mendaftar melalui jalur beasiswa bidik misi ini untuk lebih jelasnya admin akan merangkunya dalam beberapa uraian mengenai,
Persyaratan Umum Beasiswa Bidik Misi :
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016.
  • Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  • Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria : a). Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM); b). Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya ; c). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per-bulan. 
  • Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau d). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya.
  •  Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  • Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
  • Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan: a). PTN dengan pilihan seleksi masuk: 1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); 2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); 3) Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN b). PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.

Untuk persyaratan harus memenuhi secara keseluruhan, selain itu ada beberapa Jalur masuk yang bisa diikuti melalui jalur bidik misi, anda bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN untuk lebih jelas maka kita akan bahas satu persatu mengenai jalur beasiswa bidik misi yang bisa di ikuti simak selengkapnya dibawah ini mengenai,
Jalur masuk Beasiswa Bidik Misi :

1. Jalur Masuk Beasiswa Bidik Misi SNMPTN
Jika anda mendaftar anda bisa memilih jalur masuk SNMPTN bidik misi bedanya adalah anda mengusulkan pendaftaran melalui beasiswa bidik misi, untuk tes tetap sama seperti jalur pada umumnya tetapi ketika dinyatakan lulus anda resmi langsung mendapatkan beasiswa bidik misi yang di inginkan, untuk pendaftaran anda bisa mengakses informasi di situs resmi bidikmisi.dikti.go.id selanjutnya lanjutkan pendaftaran melalui situs resmi di snmptn.ac.id.  


2. Jalur Masuk Beasiswa Bidik Misi SBMPTN
Bagi pelajar yang tidak lulus seleksi pada beasiswa jalur sebelumnya bisa mendaftar melalui jalur berbeda seperti jalur SBMPTN, selain itu untuk yang tidak mendapatkan jalur undangan juga bisa mengikuti jalur beasiswa bidik misi di SBMPTN untuk seleksi sama seperti pada umumnya hanya saja jika dinyatakan lulus maka anda berhak menerima beasiswa bidik misi yang dimaksud. Untuk pendaftaran anda cukup mengakses situs resmi di bidikmisi.dikti.go.id kemudian lanjut pada sbmptn.or.id.


3. Jalur Masuk Mandiri Beasiswa Bidik Misi 

Untuk jalur ini biasanya ada beberapa kampus yang membuka secara resmi melalui Jalur Mandiri beasiswa Bidik Misi juga diberikan kepada calon mahasiswa baru yang ingin menimba ilmu di perguruan tinggi negeri tertentu, meski tidak semau PTN membuka Jalur Mandiri untuk Bidik Misi tetapi ada sebagian yang menyediakan jalur tersebut tinggal mana yang akan pilih sesuai dengan kemampuan dan kesempatan. Untuk proses pendaftaran silahkan kunjungi situs resmi PTN yang ada dan daftaran diri anda melalui situs resmi di bidikmisi.dikti.go.id.
Ketiga jalur masuk inilah yang akan mengantarkan anda menuju beasiswa bidik misi untuk jalur lain juga anda melalui jalur mandiri silahkan akses melalui situs PTN atau PTS yang anda minati, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa untuk mendapatkan beasiswa bidik misi terlebih dahulu tempat anda sekolah terdaftar beasiswa bidik misi.
Untuk lebih jelas kita akan mengurauikan mengenai jadwal penting pendaftaran Online beasiswa Bidik Misi dibawah ini simak selengkapnya mulai dari pendaftaran sekolah sampai dengan pendaftaran Online dari masing-masing jalur seleski berikut selengkapnya dibawah ini :
  • Pendaftaran sekolah 12 Desember 2015 - 1 Oktober 2016.
  • Pendaftaran seleksi mandiri/ ujian mandiri 10 Februari, sesuai jadwal masing masing PTN.
  • Pendaftaran SNMPTN 10 Februari 2016 - 24 Maret 2016.
  • Pendaftaran SBMPTN 7 April 2016 - 28 Mei 2016.
Seperti yang telah admin sebutkan diatas bahwa ada beberapa persyaratan khusus lainya yang harus digunakan untuk pendaftaran online beasiswa bidik misi, diantaranya seperti nilai raport dan beberapa nilai lainya untuk melengkapi pendaftaran untuk lebih jelas berikut informasi mengenai,
Persyaratan Khusus Beasiswa Bidik Misi :
  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi.
  2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah.
  3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah.
  7. Kartu Pengaman Sosial (KPS/BSM). (jika merupakan penerima BSM) Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
  8. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga.
  9. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.
Semua proses pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi di bidikmisi.dikti.go.id kemudian lanjukan pendaftaran sesuai dengan jalur yang di inginkan jika SNMPTN maka pendaftaran dilaksanakan melalui situs jalur tersebut, jika melalui jalur masuk SBMPTN maka melalui jalur tersebut. Untuk metode seleksi sama seperti pada umunya menggunakan seleksi non tulis dan tertulis hanya saja untuk bidik misi ditambahkan tes wawancara untuk orang tua yang bersangkutan.
Agar beasiswa yang diterima tepat sasaran biasanya pihak kampus setelah lulus akan memverifikasi data yang ada dan mengkroscek ke tempat yang bersangkutan tim dari kampus akan meninjau tempat tinggal anda. Sisanya jika anda dinyatakan lulus harus melengkapi berkas atau registrasi ulang sesuai dengan kebijakan kampus tempat anda sekolah.
Untuk beasiswa bidik misi biasanya akan ditempatkan diasrama pada semester awal sampai beberapa semester, nantinya Mahasiswa penerima beasiswa bidik misi akan menerima uang beasiswa setiap akhir atau awal masuk pada setiap semester, yang harus menjadi catatan adalah mereka yang sudah menerima beasiswa bidik misi tidak boleh doble artinya hanya satu beasiswa saja jika tidak maka dipastikan anda akan kena sangsi berupa pengembalian beasiswa yang telah diberikan oleh pilhak kampus.
Bagi penerima beasiswa bidik misi ada batasan waktu yang telah ditetapkan lama studi maksimal 8 semester, besaran beasiswa yang diterima sesuai dengan fakultas pilihan anda, nantinya akan diberikan beberapa rincian seperti biaya tempat tinggal, biaya makan perbulan dan biaya persemester. Jika mahasiswa penerima beasiswa bidik misi tidak menyelesaikan kuliah sesuai masa studi yang telah ditetapkan maka, semester 9 anda harus membayar uang kuliah dan beberapa keperluan lain secara sendiri.
Lebih parahnya lagi anda terancam mengembalikan semua biaya yang telah diterima, selain itu jika anda dinyatakan DO atas semua kesalahan baik dari kesalahan akademik atau masalah kriminal lainya maka anda harus mengembalikan uang yang sudah diterima beserta denda dua kali lipat jika tidak anda akan ternacam humuman pidana.
Saran admin bagi yang lulus beasiswa bidik misi nanti belajarlah dengan serius dan jangan macam-macam kuliah dan berprestasi sebab untuk kuliah dan mendapatkan beasiswa itu tidak mudah, bagi yang masih berjuang untuk mendapatkan beasiswa bidik misi admin doakan lulus sesuai dengan harapan seperti bisa kuliah dikampus impian anda amin.
Demikianlah informasi mengenai pendaftaran Onlien Beasiswa Bidik Misi tahun ini semoga dapat memberikan manfaat dan dapat mempermudahkan anda dalam proses pendaftaran, jangan lupa untuk terus berusahan dan berdoa, karna barang siapa yang bersungguh-sungguh ia akan menemukan apa yang mereka inginkan, Tuhan tidak akan menzolimi hambanya, semua usaha akan diperhatikan dan diberikan jika tidak cobalah tahun berikutnya pantnag menyerah terima kasih sampai ketemu di kabar selanjutnya.