"Menginspirasi anda semua"

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 26 Juni 2015

Beasiswa Ke Meksiko

Selain menyediakan beasiswa kuliah di Meksiko, ada juga beasiswa program spesial yang disediakan rutin Pemerintah Meksiko. Skema tersebut masuk ke dalam 2015 Mexican Government Excellence Scholarship Program for Foreign Students. Jika beasiswa studi durasinya mengikuti lamanya pendidikan yang akan ditempuh, special programs ini hanya hitungan minggu, 1 bulan, 6 bulan, atau maksimal 12 bulan. Beasiswa ini hanya ditujukan kelompok tertentu saja, seperti ilmuan, peneliti, seniman, profesional muda, hingga ahli pendidikan.

Setidaknya ada enam jenis beasiswa program spesial yang ditawarkan Pemerintah Meksiko tersebut, di antaranya: 

Visiting Professor
Hibah diberikan bagi para ahli/profesor, peneliti, maupun akademisi yang ingin memberikan perkuliahan, workshop, atau seminar di lembaga penelitian maupun universitas di Meksiko. Program ini mensyaratkan pelamarnya memegang gelar PhD atau memiliki pengalaman mengajar yang luas pada materi yang diberikan. Durasi program berlangsung minimal 1 bulan, maksimal 6 bulan.  Penerima program profesor tamu ini akan memperoleh sejumlah bantuan dari Kementerian Luar Negeri Meksiko, di antaranya tunjangan bulanan $10.515 Peso setara US$681,90, tiket perjalanan internasional pp, transportasi dari Mexico City ke institusi tujuan dan sebaliknya jika berada di luar ibukota, biaya perjalanan tambahan yang dibutuhkan, asuransi kesehatan IMSS. 

High Level-Converences
Hibah diberikan bagi ahli-ahli internasional, akademisi, maupun peneliti yang berniat memberikan seminar di universitas, lembaga penelitian, maupun pusat kebudayaan yang ada di Meksiko. Kegiatan ini berlangsung 1 minggu dan maksimal 1 bulan. Untuk bisa mengikuti kegiatan ini, pelamar harus bergelar PhD dan mendapat undangan terlebih dahulu di institusi bersangkutan.  Kandidat terpilih akan memperoleh tiket perjalanan internasional pp ke negara tujuan serta transportasi lokal ke lokasi konferensi. 

Genaro Estrada Research Grant for Mexican Specialists
Hibah diberikan kepada para peneliti maupun akademisi yang ingin melakukan riset tentang Meksiko. Kegiatan berlangsung antara 1 bulan hingga 12 bulan. Pelamar diminta memiliki pengalaman luas dalam melakukan penelitian yang terkait dengan topik Meksiko. 

Bantuan yang diberikan di antaranya, tunjangan bulanan $10.515 Peso, tiket perjalanan internasional pp, transportasi lokal dari Mexico City ke situs tujuan, serta asuransi kesehatan IMSS 

Artist Residencies
Hibah diberikan untuk pembuatan karya artistik yang berlangsung di Meksiko di bawah bimbingan seorang ahli yang menetap di Meksiko. Bantuan yang diberikan sama dengan program visiting professor di atas. Durasi kegiatan berlangsung 1 bulan dan maksimal 6 bulan. 

Media Residencies
Program ini ditujukan bagi para profesional yang bergelut di bidang media, baik cetak maupun elektronik. Anda diberikan kesempatan untuk membuat artikel, reportase, dan melakukan wawancara di Meksiko. Kegiatannya berlangsung 5 hari dan maksimum 1 bulan.  Kandidat terpilih akan menerima tunjangan satu kali sebesar $10.515 Peso atau setara US$681,90 serta tiket penerbangan internasional pp.   

Improving the Quality of Mexican Institutions of Higher Education
Program ini ditawarkan bagi ahli-ahli pendidikan serta administrator pendidikan internasional untuk memberikan materi seminar, kuliah, maupun workshop, serta berbagi pengalaman kepada administrator/perguruan tinggi di Meksiko. Kegiatan berlangsung 5 hari hingga maksimum 1 bulan.  Bantuan yang diterima di antaranya tunjangan sebesar $10.515 Peso untuk satu kali pembayaran, tiket penerbangan internasional pp, dan transportasi lokal ke institusi tujuan.

Pendaftaran:
Masing-masing beasiswa memiliki kritera persyaratan serta dokumen aplikasi yang harus diajukan. Bisa diunduh di laman Pemerintah Meksiko. Lengkapi dokumen tersebut bersama formulir aplikasinya. Selanjutnya dokumen aplikasi lengkap bisa dikirim atau diantar langsung ke Kedutaan Besar Meksiko di Jakarta. 

Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 14 Agustus 2015 untuk kegiatan program yang dimulai antara Mei hingga Oktober 2015. Pelamar diminta sudah mengajukan aplikasi satu bulan sebelum kegiatan yang direncanakan berjalan.

Pelamar akan dihubungi melalui surat oleh pihak Kedutaan Besar Meksiko atau institusi Meksiko apakah diterima atau tidak untuk beasiswa. 

Aplikasi bisa diantar ke: 
Embassy of Mexico Menara Mulia, Suite 2306 Jl Gatot Subroto Kav 9 – 11 Jakarta - Indonesia Telp : (021) 520 3980


Selain menyediakan beasiswa kuliah di Meksiko, ada juga beasiswa program spesial yang disediakan rutin Pemerintah Meksiko. Skema tersebut masuk ke dalam 2015 Mexican Government Excellence Scholarship Program for Foreign Students. Jika beasiswa studi durasinya mengikuti lamanya pendidikan yang akan ditempuh, special programs ini hanya hitungan minggu, 1 bulan, 6 bulan, atau maksimal 12 bulan. Beasiswa ini hanya ditujukan kelompok tertentu saja, seperti ilmuan, peneliti, seniman, profesional muda, hingga ahli pendidikan. - See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2015/06/beasiswa-program-spesial-ke-meksiko.html#sthash.XEsAzhXx.dpuf

Kamis, 25 Juni 2015

Tiga Nasehat


Rasulullah SAW pernah memberikan tiga buah nasehat kepada kedua sehabatnya Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman bin Jabal:
“Bertakwalah kamu kepada Allah dimanapun kamu berada, dan ikutilah kesalahanmu dengan kebaikan niscaya ia dapat menghapuskannya. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak terpuji.” HR. Tirmidzi
Tiga pesan Rasulullah SAW tersebut layak untuk kita perhatikan karena sangat berkaitan erat dengan kehidupan kita sehari-hari.
1- BERTAQWA DIMANA SAJA
Definisi dari kata taqwa dapat dilihat dari percakapan antara sahabat Umar dan Ubay bin Ka’ab ra. Suatu ketika sahabat Umar ra bertanya kepada Ubay bin Ka’ab apakah taqwa itu? Dia menjawab; “Pernahkah kamu melalui jalan berduri?” Umar menjawab;“Pernah!” Ubay menyambung, “Lalu apa yang kamu lakukan?” Umar menjawab; “Aku berhati-hati, waspada dan penuh keseriusan.” Maka Ubay berkata; “Maka demikian pulalah taqwa!”
Sedang menurut Sayyid Qutub dalam tafsirnya—Fi Zhilal al-Qur`an—taqwa adalah kepekaan hati, kehalusan perasaan, rasa khawatir yang terus menerus dan hati-hati terhadap semua duri atau halangan dalam kehidupan.
Kalau ada suatu iklan minuman ringan: “Dimana saja dan kapan saja …”, maka nasehat Nabi SAW ini menunjukkan bahwa kita harus bertaqwa dimana saja. Sedang perintah taqwa kapan saja terdapat dalam surat Ali Imron 102:
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”
 Jadi dimanapun dan kapanpun kita harus menjaga ketaqwaan kita. Taqwa dimana saja memang sulit untuk dilakukan dan harus usaha yang dilakukan harus ekstra keras. Akan sangat mudah ketaqwaan itu diraih ketika kita bersama orang lain, tetapi bila tidak ada orang lain maka maksiyat dapat dilaksanakan. Sebagai contoh, ketika kita berkumpul di dalam suatu majelis zikir, pikiran dan pandangan kita akan terjaga dengan baik. Tetapi ketika kita berjalan sendirian di suatu tempat perbelanjaan, maka pikiran dan pandangan kita bisa tidak terjaga. Untuk menjaga ketaqwaan kita dimanapun saja, maka perlunya kita menyadari akan pengawasan Allah SWT baik secara langsung maupun melalui malaikat-Nya.
2 KEBAIKAN YANG MENGHAPUSKAN KESALAHAN
Setiap orang selalu melakukan kesalahan. Hari ini mungkin kita sudah melakukan kesalahan baik yang kita sadari maupun yang tidak kita sadari. Oleh sebab itu, segera setelah kita melaksanakan kesalahan, lakukan kebaikan. Kebaikan tersebut dapat menghapuskan kesalahan yang telah dilakukan.
Untuk dosa yang merugikan diri sendiri, maka salah satu cara untuk menghapusnya adalah dengan bersedekah. Rasulullah SAW bersabda “sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api”. Maka ada orang yang ketika dia sakit maka dia akan memberikan sedekah agar penyakitnya segera sembuh. Hal ini dikarenakan segala penyakit yang kita miliki itu adalah karena kesalahan yang kita pernah lakukan.
Sedang dosa yang dilakukan terhadap orang lain maka yang perlu dilakukan adalah memohon maaf yang bagi beberapa orang sangat sulit untuk dilakukan. Padahal Rasulullah SAW selalu minta maaf ketika bersalah bahkan terhadap Ibnu Ummi Maktum beliau memeluknya dengan hangat seraya berkata “Inilah orangnya, yang membuat aku ditegur oleh Allah… (QS. Abasa)”. Setelah minta maaf kemudian bawalah sesuatu hadiah atau makanan kepada orang tersebut, maka kesalahan tersebut insya Allah akan dihapuskan.
3- AKHLAQ YANG TERPUJI
Akhlaq terpuji adalah keharusan dari setiap muslim. Tidak memiliki akhlaq tersebut akan dapat mendekatkan seseorang dalam siksaan api neraka. Dari beberapa jenis akhlaq kita terhadap orang lain, yang perlu diperhatikan adalah akhlaq terhadap tetangga.

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka jangan menyakiti tetangganya.” (HR. Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah)

Dari Abu Syuraih ra, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda: “Demi Allah seseorang tidak beriman, Demi Allah seseorang tidak beriman, Demi Allah seseorang tidak beriman.” Ada yang bertanya: “Siapa itu Ya Rasulullah?” Jawab Nabi: “Yaitu orang yang tetangganya tidak aman dari gangguannya.” (HR. Bukhari)
Dari hadits tersebut, peringatan Allah sangat keras sampai diulangi tiga kali yaitu tidak termasuk golongan orang beriman bagi tetangganya yang tidak aman dari gangguannya. Maka terkadang kita perlu instropeksi dengan menanyakan kepada tetangga apakah kita mengganggu mereka.
Wallahua’lam bish showab.
  

METODOLOGI DAKWAH

A.    Pengertian metodologi dakwah.

Dari segi bahasa metode berasal dari dua kata yaitu, “meta” (Melalui) dan “hados” (Jalan Atau Cara). Dengan demikian dapat kita artikan bahwa metode dakwah adalah cara atau jalan yang harus di lalui untuk menggapai suatu tujuan.
“Dakwah dapat juga berarti menyampaikan sesuatu. Dakwah memiliki arti upaya terencana untuk mempengaruhi ideologi atau perilaku seseorang guna menjamin terealisasinya tujuan yang diprogramkan sebelumnya. Setiap aliran dan ideologi memiliki pesan kepada masyarakat dan mengajak mereka untuk menerimanya. Dalam hal ini ditempuhlah berbagai metode yang sesuai dengan misi utama mereka untuk mensukseskan tujuan tersebut”
Sedangkan arti dakwah menurut pandangan beberapa pakar ilmuan sebagai berikut:

1.       Bakhial Khauli, beliau menyatakan Dakwah adalah suatu proses menghidupkan peraturan-perturan islam dengan maksud memindahkan umat dari satu keadaan ke pada keadaan yang lain.

2.       Syekh Ali Mahfudz beliau menyatakan Dakwah adalah mengajak manusia untuk mengerjakan kebaikan dan mengikuti petujuk, menyuruh mereka berbuat baik dan melarang mereka mengerjakan perbuatan jelek agar mereka memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. 

Dari pengertian di atas dapat di ambil kesimpulan  bahwa metode dakwah adalah cara-cara tertentu yang di lakukan oleh seorang da’i (komunikator) kepada mad’u  untuk mencapai suatu tujuan atas dasar hikmah dan kasih sayang. Hal ini untuk mencapai tujuan dakwah yang efektif dan efisien. Metodologi Dakwah adalah cara yang dilalui seorang da’i dalam menyampaikan pesan dakwah keislamannya, atau cara seorang da’i dalam penerapan pendekatan dakwah.

B.     Pembagian Metodologi Dakwah. 

Macam-macam metode banyak jumlahnya. Dalam Al-Qur’an surat Al-Nahl ayat 125 terdapat tiga hal yang menjadi prinsip utama methode-methode yang ada:

"Artinya : Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. Sesungguhnya Rabbmu Dia-lah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk" [An-Nahl : 125]

Dalam ayat diatas secara jelas Allah SWT memberikan anjuran dalam menyampaikan dakwah, yaitu Al-Hikmah, Mauidzah, dan debat atau Jadalah. Maka sangat penting seorang da’i mengacu pada prinsip diatas dalam menyampaikan dakwah keislamannya.

Dalam Hadits :

عن تميم الداري أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (الدِيْنُ النَّصِيْحَةُ قَلُوْا: لِمَنْ يَا رَسُلَ الله ؟ قَالَ : للهِ , وَلِكِتَابِهِ , وَلِرَسُوْلِهِ , وَ لاَئمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ, وَ عَامَّتِهِمْ) رواه البُخَاري وَ مُسْلِمْ وَ التُّرْمُذِى[2].

Artinya: “Dari tamim ad-dari sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Agama itu nasehat.” Shahabat bertanya, “bagi siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab “Bagi Allah, kitab Allah, Rasul Allah, bagi pemimpin islam, dan bagi umat islam ” Hadist riwayat Bukhari dan Muslim dan Turmudzi.”
Berikut macam-macam dari metode dakwah:

1). Metode Al-Hikmah
Hikmah secara bahasa memiliki beberapa arti: al-Adl, al-Ilm, al-Hilm, al-Nubuwah, al-Qur’an, al-Injil, al-Sunnah, dan lain sebagainya. Para ulama telah mendefinisikan secara istilah. Al-Hikmah berarti mengetahui sesuatu yang terbaik dengan pengetahuan yang paling baik. Ibn Katsir menafsirkan kata Hakim, dengan keterangannya, hakim dalam perbuatan dan ucapan, hingga dapat meletakan sesuatu pada tempatnya.
Dakwah al-Hikmah, yang berarti dakwah bijak, mempunyai makna selalau memperhatikan suasana, situasi, dan kondisi mad’u dan al-Hikmah ini ditujukan kepada mad’u yang kapasitas intelektual pemikirannya terorganisasikan khawas, cendikiawan, atau ilmuwan. Dengan demikian maka Hikmah itu menggunakan cara yang relevan dan realistis hingga dapat diterima oleh mad’u.

a) Al-Hikmah berdasarkan sumbernya
1. Allah menyebut namanya dengan kata hikmah dalam Al-Qur’an sebanyak 80 kali.
2. Diantara pekerjaan Rasulullah saw, adalah mengajarkan Hikmah.
3. Allah menganjurkan untuk berdakwah dengan Metode Hikmah ini, dalam surat Al-Nahl ayat 125.

b) Al-Hikmah berdasarkan Sistem dan Strukturnya.
Dalam proses menjalankan metode dakwah dengan Al-Hikmah tentunya memiliki sistem dan strukturnya. Rasulullah SAW adalah salah satu yang menggunakan metode Hikmah. Beliau sering menggunakan cara Hikmah dalam menyampaikan dakwahnya, contoh saat beliau menghadapi pemuda yang meminta izin kepada beliau untuk berzina. Rasulullah saat itu menggunakan seluruh sistem dalam Pendekatan Hikmahnya, beliau menggunakan pikiran, perasaan dan segala pengalamannya dalam menghadapinya.

Dari apa yang dicontohkan Rasulullah, dapat kita petik sistem yang dipakai dalam pendekatan Hikmah ini. Dari mulai menggunakan pemikiran, perasaan dan pengalamannya membuat beliau sukses dalam menghadapi problem yang ia hadapi. Karena beliau menganalisis terlebih dahulu apa yang ada dalam jiwa sang pemuda dan mengetahui yang menjadi keinginan diri sang pemuda. Dengan cara itu Rasull mampu memberika penyelsaian yang sesuai dengan jiwa orang yang merasakan masalah tersebut.

c) Al-Hikmah berdasarkan Thabaqoh dan Bentuknya
Dalam konteks pelaksanaannya, metode Al-Hikmah lebih efektif dalam konteks Dakwah Fardiyah, fi’ah dan Ummah. Dakwah Fi’ah sendiri memiliki pengetian, dakwah yang dilakukan terhadap kelompok kecil. Term fi’ah diambil dari Surat Al-Baqarah ayat 249. Sementara dakwah ummah berarti dakwah yang dilakukan pada mad’u yang bersifat masal.
Al-Hikmah lebih condong efektif dengan tiga thabaqah konteks tersebut diatas karena sifat yang dimiliki al-Hikmah sendiri yaitu, menyeru dengan menyesuaikan situasi, kondisi dan emosionalnya sang mad’u. Seperti contoh dalam konteks keluarga yang termasuk dakwah fi’ah. Seorang ayah yang menyeru anak-anaknya akan serta merta menyesuaikan dengan kondisi fisik atau nalar sang anak.
Al-Hikmah dipandang dari segi bentuk dakwah, mengarah pada bentuk dakwah Tablig dan Irsyad. Karena unsur utama Hikmah adalah seruan yang juga ciri utma dakwah tablig juga irsyad. Seperti dalam bentuk irsyad, seorang penyuluh akan memberi jawaban atas problem yang dihadapi pasennya dengan sebuah jawaban yang sudah dengan tepat dianalisis dengan keadaan sang pasien. Dan masih banyak contoh yang dapat diambil dalam bentuk Hikmah ini.

2) Metode Mauidzah
Secara etimologis mauidzah merupakan bentuk asal dari kata waadza-yaidzu-iwa’dzan; yang memiliki arti menasehati dan mengingatkan akibat suatu perbuatan. Selanjutnya Mauidzah menurut kebanyakan pendapat para ilmuan memiliki sinonim dengan nasehat. Dalam lintas sejarahnya, metode ini menjadi bagian terpenting dalam pelaksanaan dakwah para Nabi terdahulu termasuk Nabi Besar Muhammad SAW.

Bagi sebagian ulama mengharuskan ada tambahan kata sesudah kata Mauidzah, karena nasehat masih bersifat umum yang bisa dikatkan dengan nasehat kejahatan dan lainya yang berefek negatif. Maka dapat kita lihat diberbagai sumber, kata Mauidzah selalu memiliki terusan kata Hasanah untuk menunjukan kekhususan kata Mauidzah sebagai nasehat yang baik.

1) Mauidzah Hasanah berdasarkan Sumbernya
1. Surat Al-Nahl ayat 125.
2. An-Nissa ayat 63.
3. Nasehat atau Mauidzah adalah sebagai dasar Agama, seperti diungkapkan Rasull  dalam Sabdanya, “Agama adalah Nasehat.”

2) Mauidzah Hasanah berdasarkan Sistem dan Strukturnya
Dalam sebuah sistem yang didasrkan pada Prinsif metode Mauidzah Hasanah ada hal yang penting yang mesti diperhatikan. Yaitu cara penyampaian nasehat dan isi nasehat itu sendiri. Dalam ilmu komunikasi ada beberapa cara agar dalam menyampaikan nasehat dapat menghasilkan respon yang kita inginkan, diataranya dengan cara menganalisi kepribadian orang yang akan dinasehati dan menganalisis bentuk masalah yang menjadi akibat datangnya sebuah nasehat.

3) Mauidzah Hasanah berdasarkan Thabaqoh dan Bentuknya
Mauidzah atau Nasehat berdasarkan pada Thabaqahnya merujuk pada konteks dakwah fardiyah. Fardiyah sendiri memiliki pengertian, Ajakan atau seruan kepada perorangan. Dalam ilmu komunikasi dikenal kata Interpersonal yang berarti komunikasi yang melibatkan dua orang saja.
Sedangkan Mauidzah Hasanah atau Nasehat dipandang dari bentuknya merujuk pada bentuk dakwah yang dikembangkan oleh Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) di Universitas Negeri Islam. Kajian itu merujuk pada Irsyad yang berarti proses penyampaian ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, penyuluhan dan psikoterapi. Dan dalam konteksnya Irsyad menggunkan prinsif dakwah Mauidzah atau nasehat dalam menyampaikan segala hasil anasisnya.

3) Metode Mujadalah
Mujadalah merupakan upaya dakwah melalui bantahan, diskusi, atau berdebat dengan cara yang terbaik. Seperti halnya pada metode Mauidzah, Kata Mujadalah dianggap harus memiliki kata tambahan sebagi prinsif dakwah. Maka para ulama menambahkan kata al-ahsan setelah kalimat mujadalah, untuk menuunjukan unsur positif pada prinsif mujadalah ini. Prinsif metode ini ditujukan kepada mad’u yang melakukan penolakan, tidak peduli atau mungkin membantah.

Drs. H. Rohandi Abdul Fatah, M.Ag dan Drs. M. Tata Taufik, M.Ag menyampaikan dalam bukunya bahwa Para Ulama mendefinisikan secara khusus tentang Mujadalah ini, seperti dibawah ini:
1. Usaha yang dilakukan seseorang dalam mempertahankan argumen untuk menghadapi lawan bicara.
2. Cara yang berhubungan dengan pengukuhan pendapat.
3. Membandingan berbagai dalil atau landasan untuk mencari yang paling tepat.
Prinsif Mujadalah atau perdebatan bukan sarana mencari siapa yang menang dan yang kalah, akan tetapi merupakan sesuatu yang dipakai untuk mempertahankan dan meluruskan kegiatan dakwah. Oleh karena itu diharapkan seorang da’i memiliki kearifan dalam pemakaian metode Mujadalah ini.

a) Mujadalah al-Ahsan berdasarkan Sumbernya
1. Allah memerintahkan menggunakan metode Mujadalah dalam surat Al-Nahl: 125 dan surat Al-Ankabut: 46.
2. Metode ini merupakan akibat dari tabiat fitrah manusia yang suka membantah. Seperti dalam Al-Qur’an surat Al-Kahfi:54
“Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.”

b) Mujadalah al-Ahsan berdasarkan Sistem dan Strukturnya
Secara sistem, Metode Mujadalah dilakukan dengan alasan adanya pembantahan dan penolakan dalam proses dakwah. Dengan demikiian Mujadalah merupakan sesuatu yang amat penting dalam pelaksanaan dakwah, terutama di zaman seperti sekarang ini. Namun harus juga diperhatikan subtansi dan efek yang akan ditimbulkan jika dalam perdebatan dengan pihak yang membantah kita justru terpojokan bukan karena Subtansi keislamannya tapi karena kekurangan kemampuan dalam metode ini.
Para pelaku dakwah harus memiliki kekuatan pemikiran yang luas dan memiliki mental yang kuat pula saat menghadapi pembantahan yang mungkin akan memancing dan menguji mental seorang da’i.

c) Mujadalah al-Ahsan berdasarkan Thabaqoh dan Bentuknya
Metode Mujadalah al-Ahsan ini bisa dilakukan dalam beberapa konteks Thabaqoh. Diantaranya, Fardiyah, Fi’ah, Ummah, dan Hizbiyah. Jadi, metode Mujadalah atau perdebatan bisa terjadi pada konteks face to face atau juga bisa dalam konteks antar kelompok kecil juga. Dalam perkembangannya sering kita simak perdebatan antar Agama, termasuk didalamnya para Da’i yang membela panji Islam. Konteks seperti itu termasuk Thabaqah yang tinggi mencakup tingkat global.
Dipandang dari segi bentuknya, metode Mujadalah hanya condong pada kegiatan dakwah dengan bentuk Tablig. Karena tablig bersifat insidental, oral, masal, seremonial, bahkan kolosal.

Daftar Pustaka
Syukir, Asmuni. 1983. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Al Ikhlas
Al adabun Nabawi.
Muriah, Siti. 2000. Metodologi Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka
Ali Mustafa Yaqub. 1997. Sejarah dan Metode Dakwah Nabi. Jakarta: Pustaka Firdaus

[1] Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. (Surabaya: Al Ikhlas, 1983). Halm. 20
[2] Al Adabun Nabawi. Halm. 10
[3] DRA. Siti Muriah, Metodologi Dakwah Kontemporer. (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000). Halm. 47
[4] Ali Mustafa Yaqub, Sejarah dan Metode Dakwah Nabi. (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997). Halm. 121

Rabu, 24 Juni 2015

Berbahagialah

IMAN itu menghilangkan KEGELISAHAN dan menghapuskan KESEDIHAN.
Ia adalah TEMAN orang-orang yang bertauhid dan PENGHIBUR bagi orang-orang yang beribadah.

Apa yang telah LEWAT tidak akan kembali;
Apa yang telah hilang berarti mati; maka janganlah memikirkan yang telah hilang karena dia telah mati dan lenyap.
Bersikaplah ridha terhadap TAQDIR.
DZIKIR akan mewujudkan hati yang tenang, melenyapkan kesedihan, menghidupkan hati dan menghapuskan dosa..
Jangan tunggu ucapan terimakasih dari seseorang,
Cukuplah dari Allah balasannya…
Jangan kecewa ketika menemukan orang yang tak kenal balas budi, dengki dan hasad.

JIKA engkau berada di pagi hari , maka JANGAN tunggu hingga sore hari.
HIDUPLAH DALAM BATASAN HARI ITU,
Fokuskan konsentrasi anda untuk memperbaiki kondisi anda pada hari itu.
Tinggalkanlah masa depan hingga dia datang.
Jangan pikirkan hari esok karena JIKA ANDA MEMPERBAIKI HARI INI NISCAYA HARI ESOK AKAN LEBIH BAIK .
PERBARUILAH HIUDUP INI, VARIASIKANLAH cara-cara hidup anda dan UBAHLAH RUTINITAS yang anda jalani sehari-hari.

BERSYUKURLAH kepada Rabbmu atas nikmat agama, akal, kesehatan, nama baik, pendengaran, penglihatan, rezeki, keturunan dan lainnya.
HIDUPLAH dengan Al-Quran dengan menghafalnya, mempelajarinya dan memahaminya
Karena Al-Quran adalah obat paling manjur untuk menghilangkan kesedihan dan kegelisahan.

MAAFKANLAH orang yang menzalimimu,
SAMBUNGLAH tali silaturahim orang yang memutuskan silaturahim denganmu,
BERILAH orang yang tidak pernah memberimu
dan BERSIKAP LEMBUTLAH pada orang yang berbuat buruk pada anda ,
Niscaya anda akan dapatkan KEBAHAGIAAN dan KEAMANAN.

PERBANYAKLAH ISTIGFAR , karena bersama istigfar terdapat rezeki, jalan keluar, keturunan, ilmu yang bermanfaat, dimudahkannya urusan dan dihapuskannya dosa-dosa.

MERASA PUASLAH dengan bentuk tubuh anda, potensi anda, keluarga anda dan rumah anda, niscaya anda akan memperoleh kedamaian dan kebahagiaan.
Bahwa sesungguhnya bersama kesulitan itu terdapat kemudahan dan jalan keluar akan datang setelah kesempitan.
Karena kondisi tidak akan tetap selamanya, hari-hari kejayaan akan dipergilirkan.

BERSIKAPLAH OPTIMIS dan JANGAN PUTUS ASA . BERBAIK SANGKALAH pada Rabb-Mu serta berharaplah segala kebaikan dan keindahan dari-Nya.
BERGEMBIRALAH dengan pilihan ALLAH bagimu, karena itu pastilah YANG TERBAIK .
Musibah akan MENDEKATKAN kita kepada Allah, mengajarkan untuk berdoa, menghilangkan kesombongan, ujub dan kebanggaan.

BERBUAT BAIKLAH kepada orang lain,
BERIKANLAH kebaikan-kebaikan pada orang yang membutuhkan bantuan, orang sakit, orang miskin dan anak yatim.
JAUHILAH berburuk sangka, BUANGLAH kesedihan dan imajinasi buruk serta pemikiran-pemikiran yang sakit.

KETAHUILAH bahwa KESULITAN-KESULITAN akan membuka pendengaran, penglihatan, menghidupkan hati, menundukkan nafsu, membuat ingat hamba dan menambahkan pahala.
KEBANYAKAN yang ditakuti itu tidak terjadi, kebanyakan dari kesulitan yang pernah didengar tidak terbukti, kepada Allahlah terdapat segala kecukupan
Dialah yang menjaga dan tempat kita minta tolong.

Hati- hatilah jangan sampai berbuat DOSA, karena dosa adalah sumber kegelisahan dan kesedihan, dosa menjadi sebab segala bencana, musibah dan problem.
Melepaskan PANDANGAN kepada yang HARAM akan menumbuhkan kegelisahan, kesedihan dan luka dalam hati. Sedangkan orang yang bahagia adalah orang yang menundukkan pandangannya dan takut terhadap Rabbnya.
Pikirkanlah RAHMAT ALLAH SWT yang maha pengasih,
Dia mengampuni pelacur yang memberi minum seekor anjing,
Memberikan tobat kepada orang yang telah membunuh seratus orang,
MENGEMBANGKAN TANGAN-NYA untuk mengampuni orang-orang yang BERTAUBAT dan mengajak orang-orang nasrani untuk bertaubat.

Jika anda ingin BERBAHAGIA BERSAMA ORANG LAIN ,
perlakukanlah mereka sesuai dengan apa yang ANDA INGINKAN ATAS PERLAKUAN MEREKA ,
Jangan kritik milik mereka serta jangan rendahkan kedudukan mereka.
Kebahagiaan TIDAK TERLETAK pada kedudukan, keturunan ataupun harta, namun terletak pada agama, ilmu pengetahuan, adab dan meraih cita-cita.

MEMBERI MAAF adalah lebih lezat daripada MEMBALAS DENDAM ,
BEKERJA itu lebih nikmat daripada menganggur,
QANAAH itu lebih besar dari harta , dan KESEHATAN itu lebih baik dari KEKAYAAN .
Orang yang tidak BERBAHAGIA di RUMAHNYA tidak akan berbahagia di tempat lain, orang yang tidak dicintai keluarga niscaya tidak akan dicintai siapapun.
Orang yang menyia-nyiakan hari ini maka ia akan menyia-nyiakan hari esoknya.

JAUHILAH sifat cemas dan bimbang karena ia adalah racun .
HINDARI sifat mudah menyerah karena ia berarti sifat kebinasaan.
BUANGLAH jauh-jauh sifat malas karena ia menjerumuskan pada kegagalan.
HiNDARI sikap TIDAK KONSISTEN baik dalam berkata maupun berbuat karena sesungguhnya ia bersumber dari RENDAHNYA MANAJEMEN DIRI .

KEJUJURAN membawa kepada KETENANGAN , DUSTA membawa KEGELISAHAN .
Perasaan MALU adalah perisai hidup, ILMU adalah pembeda, kefasihan BERBICARA adalah perhiasan dan sikap DIAM adalah hikmah dan kebijaksanaan.

TIGA TEMAN YANG HARUS DIMILIKI : KEGEMBIRAAN, KETENANGAN, dan SEMANGAT YANG TINGGI .
TIGA MUSUH YANG HARUS DIJJAUHI : yaitu SIFAT PESIMIS, BIMBANG dan PUTUS ASA .

Tidak ada yang lebih MENYADARKAN selain KUBURAN ,
Tidak ada yang lebih MEMBAWA SIAL l daripada melakukan MAKSIAT ,
Tidak ada sikap hidup yang lebih MULIA daripada ZUHUD
dan tidak ada yang memberi KEPUASAN kecuali sikap QANAAH .

“DIALAH YANG MENGHILANGKAN BALA , MENGAMPUNI DOSA , MEMBERI REZEKI, MENYEMBUHKAN PENYAKIT, MENYELAMATKAN DARI BENCANA , MEMBEBASKAN DARI KETERIKATAN DAN MEMBALUT LUKA YANG TERANIAYA. BERMUNAJATLAH KEPADA ALLAH SWT, NISCAYA DIA AKAN MEMENUHINYA. KEMUKAKANLAH SEGALA KEBUTUHAN KEPADA-NYA. UTARAKANLAH SEGALA KEINGINANMU DI HADAPAN-nYA , MINTALAH REZEKIMU dan ADUKANLAH KEADAANMU "
BERDOALAH KEPADA-KU , NISCAYA AKAN AKU PERKENANKAN BAGIMU (AL-mukmin 60)

"UMATKU ADALAH UMAT YANG DIRAHMATI " (HR Ahmad)
KEMULIAAN TIDAK BISA DIUKUR dengan keturunan , gelar atau tingkat pendidikan.
Tetapi orang yang memiliki usaha keras, ketabahan, keaktifan dan kesabaranlah yang akan dapat meraih KEMULIAAN .
Orang yang tidak berbahagia berada dirumah maka tidak akan bahagia di tempat lain.
Ketahuilah sesungguhnya sebaik-baik tempat untuk menentramkan diri ,menenangkan pikiran dan menjauhkan dari beban hidup adalah rumah. BAITI JANNATI .

Hati-hatilah bergaul dengan orang yang suka bersikap PESIMIS
Karena ketika engkau perlihatkan sekuntum bunga yang indah padanya maka yang ia lihat hanya duri-durinya.
Ketika engkau bawakan segelas air padanya , maka yang ia lihat hanya kotoran didalamnya.
Demikian juga ketika engkau memuji kebaikan/ manfaat matahari dihadapannya maka yang ia rasakan hanya panasnya.

KESALAHAN KITA kita hanya merasa gelisah dan TAKUT KEPADA SELAIN ALLAH , bahkan hampir sebagian kehidupan diisi dengan ketakutan.
Kita takut dan cemas akan terlambat, takut akan tersalah, takut akan terburu-buru, takut tidak makan, takut dimarahi dsb.

Tidak ada tutup kecuali suatu saat akan terbuka,
Tidak ada ikatan kecuali suatu saat akan terlepas.
Tidak ada sesuatu yang jauh kecuali akan mendekat.
Tidak ada yang hilang kecuali akan ditemukan.
Tetapi ingatlah semua itu membutuhkan proses dan waktu. KEGAGALANMU dalam meraih suatu kesuksesan di satu tempat akan engkau TEMUKAN GANTINYA ditempat lain dan hal tersebut akan dipandang sebagai sesuatu yang bernilai dan bermanfaat dimata orang lain.

DIATAS SEGALA-GALANYA HANYA ORANG -ORANG YANG BERTAKWALAH YANG BENAR-BENAR AKAN BERBAHAGIA.