"Menginspirasi anda semua"

Rabu, 03 Juni 2015

Setiap Makhluk Ditakdirkan oleh Allah Memiliki Pasangan Masing-masing

Manusia dan seluruh penciptaan yang ada di alam semesta ini, baik yang hidup atau pun yang mati, kecil atau besar, benda bumi maupun benda langit, terlihat atau yang tidak terlihat, yang nyata ataupun yang ghaib, semua diciptakan oleh Tuhan secara berpasang-pasangan baik dalam satu unsur maupun berbeda unsur dan dalam satu jenis maupun berbeda jenisnya.

1.   Allah menciptakan sesuatu selalu berpasangan
      Allah SWT berfirman:

 ومن كل شىءخلقنا زوجىن لعلكم تذكرو: ازريات 49

         "Dan dari segala sesuatu, telah kami (Allah) ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat Akan kebesaran Allah." (QS. Az Zariyat: 49)

Kata كل شىء  pada ayat di atas adalah kata yang menunjuk kepada sesuatu yang umum pengertiannya, yaitu sesuatu yang menyeluruh berkenaan dengan apa saja, baik tentang alam nyata, alam ghaib, alam dunia, alam akhirat, benda hidup, benda mati, binatang, tumbuh-tumbuhan dan Manusia. Sampai sesuatu yang di luar jangkauan pengetahuan kita, termasuk kepada segala sesuatu yang disebutkan dalam ayat ini.

Al Qur'an menginformasikan, bahwa segala sesuatu itu diciptakan oleh Allah secara berpasang-pasangan. Apa tujuannya? Agar menjadi pelajaran bagi Manusia, menjadi bahan renungan atau penelitian, sehingga manusia dapat menyadari bahwa di balik penciptaan itu ada Tanda-tanda kebesaran Tuhan.

Sesuatu dari benda mati yang berada di sekelililng kita saja, tentu semua akan terlihat memiliki pasangan. Ternyata masing-masing memiliki pasangan dan fungsi yang berbeda, yang saling melengkapi satu dengan yang lain. Secara positif, satu dengan yang lainnya akan saling membutuhkan untuk tujuan yang sama, yaitu melestarikan komunitas dan mengembangbiakkan keturunan.

Hanya karena kekuasaan Allah semua makhluk diciptakan demikian. Allah menghendaki segala sesuatu yang diciptakan itu berpasang-pasangan, baik dari yang terkecil hingga yang terbesar seperti Langit, bumi, matahari, bintang dan bulan.

2. Sesuatu yang tidak dapat diketahui pun berpasangan
    Allah SWT berfirman :

سبحان الذى خلق الازواج كلحها مما تنبت الارض ومن انفسهم ومما لاىعلمون : ىس 36

"Maha Suci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui."

Para ahli tafsir menerangkan kata سبحان yang ada di awal  ayat mengisyaratkan kepada dua hal:

1)   Menunjukkan kepada ketinggian dan keagungan Allah SWT. Dia-lah, Tuhan yang Maha Suci atau
      bersih dari segala sifat kekurangan yang dipersamakan dengan Makhluk-Nya, seperti yang diyakini
      oleh kaum musyrikin.

2)   Menunjukkan kepada sesuatu yang hebat. Sesuatu yang di sebut dalam ayat adalah sesuatu yang
      luar biasa, sehingga menimbulkan rasa takjub.

Kata الازواج adalah jamak dari جوز yang memiliki arti pokok sesuatu, yang dengan sesuatu lainnya bersatu menjadi sepasang. kita sering menyebutkan kata  "Sepasang merpati", Sepasang sepatu", "dua sejoli", dan lain sebagainya. Kata-kata itu menunjuk kepada adanya dua unsur yang menjadi satu. Kata
" كلحها" adalah kata penguat yang menekan kepada sifat meliputi keseluruhan, artinya bahwa seluruh jenis, fungsi, dan susunan telah diciptakan oleh Allah SWT secara berpasangan. Apa-apa yang tumbuh di permukaan bumi yng terdiri dari ragam warna, rasa dan bentuk, semua berpasang-pasangan antara satu dengan yang lainnya, begitu pula dengan Manusia, bahkan sesuatu yang tidak dapat diketahui pun ditegaskan  dalam ayat ini, semua memiliki pasangan.

Apa yang disebutkan Al Qur'an mengenai sesuatu yang tidak diketahui oleh manusia juga berpasang-pasangan, dapat disimpulkan  bahwa dalam hal adanya pasangan-pasangan tidak dapat diketemukan adanya pertentangan antara informasi yang disampaikan  Al-Qur'an  dengan apa yang telah diketahui oleh kemajuan ilmu pengetahuan modern yang telah dicapai manusia.

Para peneliti tentu akan merasa takjub dengan hasil penelitiannya mengenai keserasian alam ini, ternyata semua yang ada di alam semesta  ini berpasang-pasangan. Sesungguhnya hanya orang-orang yang berfikir sajalah yang mengerti tentang keajaiban-keajaiban dari cipyaan Allah. "Subhanallah" demikian kata yang terucap apabila kita merasa kagum dengan sesuatu yang menakjubkan.

3. Hikmah dijadikan pasangan dari satu jenis
    Allah SWT berfirman

فاطر ااسموات والارض جعل لكم من انفسكم ازواجا ومنالانعام ازواجا ىذرءكم فىه لىس كمثله شىء وهو ااسمىع البصىر: اشورى11


"(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan  dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa  dengan Dia, dan Dia-lah  yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (Asy- Syuura:11)


Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar