Iklan

Jumat, 26 Juni 2015

Beasiswa Ke Meksiko

Selain menyediakan beasiswa kuliah di Meksiko, ada juga beasiswa program spesial yang disediakan rutin Pemerintah Meksiko. Skema tersebut masuk ke dalam 2015 Mexican Government Excellence Scholarship Program for Foreign Students. Jika beasiswa studi durasinya mengikuti lamanya pendidikan yang akan ditempuh, special programs ini hanya hitungan minggu, 1 bulan, 6 bulan, atau maksimal 12 bulan. Beasiswa ini hanya ditujukan kelompok tertentu saja, seperti ilmuan, peneliti, seniman, profesional muda, hingga ahli pendidikan.

Setidaknya ada enam jenis beasiswa program spesial yang ditawarkan Pemerintah Meksiko tersebut, di antaranya: 

Visiting Professor
Hibah diberikan bagi para ahli/profesor, peneliti, maupun akademisi yang ingin memberikan perkuliahan, workshop, atau seminar di lembaga penelitian maupun universitas di Meksiko. Program ini mensyaratkan pelamarnya memegang gelar PhD atau memiliki pengalaman mengajar yang luas pada materi yang diberikan. Durasi program berlangsung minimal 1 bulan, maksimal 6 bulan.  Penerima program profesor tamu ini akan memperoleh sejumlah bantuan dari Kementerian Luar Negeri Meksiko, di antaranya tunjangan bulanan $10.515 Peso setara US$681,90, tiket perjalanan internasional pp, transportasi dari Mexico City ke institusi tujuan dan sebaliknya jika berada di luar ibukota, biaya perjalanan tambahan yang dibutuhkan, asuransi kesehatan IMSS. 

High Level-Converences
Hibah diberikan bagi ahli-ahli internasional, akademisi, maupun peneliti yang berniat memberikan seminar di universitas, lembaga penelitian, maupun pusat kebudayaan yang ada di Meksiko. Kegiatan ini berlangsung 1 minggu dan maksimal 1 bulan. Untuk bisa mengikuti kegiatan ini, pelamar harus bergelar PhD dan mendapat undangan terlebih dahulu di institusi bersangkutan.  Kandidat terpilih akan memperoleh tiket perjalanan internasional pp ke negara tujuan serta transportasi lokal ke lokasi konferensi. 

Genaro Estrada Research Grant for Mexican Specialists
Hibah diberikan kepada para peneliti maupun akademisi yang ingin melakukan riset tentang Meksiko. Kegiatan berlangsung antara 1 bulan hingga 12 bulan. Pelamar diminta memiliki pengalaman luas dalam melakukan penelitian yang terkait dengan topik Meksiko. 

Bantuan yang diberikan di antaranya, tunjangan bulanan $10.515 Peso, tiket perjalanan internasional pp, transportasi lokal dari Mexico City ke situs tujuan, serta asuransi kesehatan IMSS 

Artist Residencies
Hibah diberikan untuk pembuatan karya artistik yang berlangsung di Meksiko di bawah bimbingan seorang ahli yang menetap di Meksiko. Bantuan yang diberikan sama dengan program visiting professor di atas. Durasi kegiatan berlangsung 1 bulan dan maksimal 6 bulan. 

Media Residencies
Program ini ditujukan bagi para profesional yang bergelut di bidang media, baik cetak maupun elektronik. Anda diberikan kesempatan untuk membuat artikel, reportase, dan melakukan wawancara di Meksiko. Kegiatannya berlangsung 5 hari dan maksimum 1 bulan.  Kandidat terpilih akan menerima tunjangan satu kali sebesar $10.515 Peso atau setara US$681,90 serta tiket penerbangan internasional pp.   

Improving the Quality of Mexican Institutions of Higher Education
Program ini ditawarkan bagi ahli-ahli pendidikan serta administrator pendidikan internasional untuk memberikan materi seminar, kuliah, maupun workshop, serta berbagi pengalaman kepada administrator/perguruan tinggi di Meksiko. Kegiatan berlangsung 5 hari hingga maksimum 1 bulan.  Bantuan yang diterima di antaranya tunjangan sebesar $10.515 Peso untuk satu kali pembayaran, tiket penerbangan internasional pp, dan transportasi lokal ke institusi tujuan.

Pendaftaran:
Masing-masing beasiswa memiliki kritera persyaratan serta dokumen aplikasi yang harus diajukan. Bisa diunduh di laman Pemerintah Meksiko. Lengkapi dokumen tersebut bersama formulir aplikasinya. Selanjutnya dokumen aplikasi lengkap bisa dikirim atau diantar langsung ke Kedutaan Besar Meksiko di Jakarta. 

Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 14 Agustus 2015 untuk kegiatan program yang dimulai antara Mei hingga Oktober 2015. Pelamar diminta sudah mengajukan aplikasi satu bulan sebelum kegiatan yang direncanakan berjalan.

Pelamar akan dihubungi melalui surat oleh pihak Kedutaan Besar Meksiko atau institusi Meksiko apakah diterima atau tidak untuk beasiswa. 

Aplikasi bisa diantar ke: 
Embassy of Mexico Menara Mulia, Suite 2306 Jl Gatot Subroto Kav 9 – 11 Jakarta - Indonesia Telp : (021) 520 3980

Di tulis oleh Yadi Suryadi

Selain menyediakan beasiswa kuliah di Meksiko, ada juga beasiswa program spesial yang disediakan rutin Pemerintah Meksiko. Skema tersebut masuk ke dalam 2015 Mexican Government Excellence Scholarship Program for Foreign Students. Jika beasiswa studi durasinya mengikuti lamanya pendidikan yang akan ditempuh, special programs ini hanya hitungan minggu, 1 bulan, 6 bulan, atau maksimal 12 bulan. Beasiswa ini hanya ditujukan kelompok tertentu saja, seperti ilmuan, peneliti, seniman, profesional muda, hingga ahli pendidikan. - See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2015/06/beasiswa-program-spesial-ke-meksiko.html#sthash.XEsAzhXx.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar